TINGKAT
SEGMENTASI PASAR
Titik awal untuk mendiskusika segmentasi
pasar adalah:
1.
Pemasaran
Massal
Dalam pemasaran massal,
penjual melakukan produksi massa, distribusi missal, dan promosi missal di satu
produk untuk semua pembeli, tapi dalam perkembangannya beberapa menyatakan
bahwa pemasaran missal sedang sekarat. Akhirnya sebagian perusahaan beralih ke pemasaran mikro pada satu dari empat
tingkat yaitu pemasaran segmen, pemasaran ceruk, pemasaran local, dan pemasaran
individual.
2.
Pemasaran
Segmen
Terdiri
dari sekelompok pelanggan yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang
serupa. Pemasaran segmen menawarkan manfaat kunci melebihi pemasaran massal.
Perusahaansering kali dapat merancang, member harga, melepaskan, dan
menghantarkan produk atau jasadengan lebih baik dan juga dapat menyesuaikan
program dan kegiatan pemasaran untuk mengalahkan pemasaran yang dilakukan
pesaing.
3.
Pemasaran
Ceruk
Ceruk
adalah kelompok pelanggan yang lebih sempit yang mencari bauran manfaat yang
berbeda. Pemasar biasanya mengidentifikasi ceruk dengan membagi satu segmen
menjadi subsegmen.
4.
Pemasaran
Lokal
Kegiatan
pemasaran berkonsentrasi untuk berada sedekat mungkin dan secara pribadi
serelevan mungkin dengan pelanggan individu
5.
Pemasaran
Individual
Dalam
segmen ini sebenarnya sedikt mengarah ke segmen pemasaran massal. Pelanggan mulai mengambil inisiatif yang lebih individual
dalam menentukan apa yang dibeli dan bagaimana caranya. Misal mereka masuk ke
dalam internet untuk mencari informasi dan evaluasi penawaran produk atau jasa
mengadakan dialog dengan pemasok, pengguna, dan kritikus produk dan dalam
banyak kasus, merancang produk yang mereka inginkan.
Dasar Segmentasi
Pasar Konsumen
Beberapa
peneliti berusaha mendefinisikan segmen dengan melihat karakteristik
deskriptif: geofrafis, demografis, dan psikografis, dan beberapa peneliti
berusaha mendefinisikan segmen dengan dengan melihat perimbangan perilaku,
seperti respon konsumen terhadap manfaat, alas an penggunaan, atau merk. Lalu
peneliti melihat apakah ada karakteristik yang berbeda untuk setiap segmen
respons-konsumen.Misalnya, apakah orang yang lebih menginginkan “kualitas”
dibandingkan “harga murah” dalam pembelianmobil mempunyai latar belakang
geografis, demografis, dan psikografis yang berbeda?
1.
Segmentasi
Geografis
Yang
dimaksud dengan segmentasi geografis
kita memerlukan pembagian pasar menjadi berbagai unit geografis seperti Negara,
Negara bagian, wilayah, kabupaten, kota, ataulingkungan sekitar. Dan variable
yang harus diperhatikan dalam segmen ini adalah
Wilayah geografis, ukuran kota, kepadatan, iklim, usia demografis,
ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan,
pendidikan, agama, ras, kebangsaan, kelas social, gayahidup psikografis,
kepribadian, perilaku terhadap kejadian, manfaat, status pengguna, tingkat
penggunaan, status loyalitas, tahap kesiapan, dan sikap terhadap produk.
2.
Segmentasi
Demografis
Dalam
segmentasi demografis, kita membagi
pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variable seperti usia, ukuran
keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras,
generasi, kebangsaan, dan kelas social. Salah satu alas an variable demografis
begitu popular bagi pemasar adalah bahwa variable ini sering terkait erat
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Alasan lainnya adalah
variable-variabel itu mudah diukur.
Berikut
bagaimana variable demografis tertentu digunakan untuk mensegmentasi pasar.
Usia dan Tahap Siklus
Hidup Keinginan
dan kemampuan konsumen berubah sesuai dengan usia mereka.
Tahap Kehidupan Orang yang
berbeda di bagian siklus hidup yang sama mungkin mempunyai tahap kehidupan yang
berbeda
Jenis Kelamin Pria dan wanita
mempunyai sikap dan prilaku yang berbeda, sebagian berdasarkan susunan genetic
dan sebagian karena sosialisasi.
Pendapatan Segmentasi
pendapatan merupakan praktik lama dalam kategori seperti otomotif, kosmetik,
pakaian, layanan keuangan, dan perjalanan. Meskipun demikian pendapatan tidak
selalu memprediksikan pelanggan terbaik untuk untuk produk tertentu.
Generasi Setiap generasi
sangat dipengaruhi oleh saat-saat pertumbuhan mereka---musik, film, politik,
dan mendefinisikan kejadian pada periode tersebut.
Kelas Sosial Kelas social
berpengaruh kuat terhadappreferensi mobil, pakaian, perlengkapan rumah,
kegiatan bersenang-senang, kebiasaan membaca, dan pengecer serta banyak
perusahaan merancang produk dan jasa untuk kelas sosiala tertentu.
3.
Segmentasi
Perilaku
Dalam
segmentasi perilaku, pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok
berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau respons terhadap sebuah
produk.
Status Loyalitas
Pemasar
biasanya membayangkan empat kelompok berdasarkan status loyalitas merk antara
lain:
a) Loyalis
Berat adalah konsumun yang hanya membeli satu merk sepanjang waktu
b) Loyalis
yang Terbagi adalah konsumen yang loyal terhadap dua atau tiga merek
c) Loyalis
yang Bergeser adalah Konsumen yang beralih loyalitas dari satu merek ke merek
lain
d) Orang
yang suka berpindah adalah Konsumen yang tidak memperlihatkan kepada merek
apapun.
Perusahaan
dapat belajar banyak dengan menganalsis tingkat loyalitas merek; Loyalis berat
dapat membantu mengidentifikasi kekuatan produk; loyalis yang terbagi dapat
memperlihatkan kepada perusahaan merek mana yang paling kompetitif dengan
mereknya;dan dengan melihat pelanggan yang beralih dari mereknya, perusahaan
dapat belajar tentang kelemahan pemasarannya dan berusaha memperbaikinya. Satu
peringatan: Apa yang tampak seperti pola-pola pembelian yang loyal terhadap
suatu merek dapat saja mencerminkan kebiasaan, keapatisan, harga murah, biaya peralihan
yang tinggi atau ketiadaan merek lain.
Nama Anggota:
1. Mustapa (10.12.062)
2. Mustamin (10.12.061)
3. Nur Hikmah (10.12.063)
4. Muh. Syukur (10.12.058)
5. Mulyani (10.12.060)
Nama Anggota:
1. Mustapa (10.12.062)
2. Mustamin (10.12.061)
3. Nur Hikmah (10.12.063)
4. Muh. Syukur (10.12.058)
5. Mulyani (10.12.060)
No comments:
Post a Comment