Laman

Akuntansi

Manajemen Pemasaran

Resensi Buku

Wednesday, December 28, 2011

Kelompok IV: Tingkat Segmentasi Pasar

TINGKAT SEGMENTASI PASAR

Titik awal untuk mendiskusika segmentasi pasar adalah:

1.      Pemasaran Massal
Dalam pemasaran massal, penjual melakukan produksi massa, distribusi missal, dan promosi missal di satu produk untuk semua pembeli, tapi dalam perkembangannya beberapa menyatakan bahwa pemasaran missal sedang sekarat. Akhirnya sebagian perusahaan beralih ke pemasaran mikro pada satu dari empat tingkat yaitu pemasaran segmen, pemasaran ceruk, pemasaran local, dan pemasaran individual.

2.      Pemasaran Segmen
Terdiri dari sekelompok pelanggan yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa. Pemasaran segmen menawarkan manfaat kunci melebihi pemasaran massal. Perusahaansering kali dapat merancang, member harga, melepaskan, dan menghantarkan produk atau jasadengan lebih baik dan juga dapat menyesuaikan program dan kegiatan pemasaran untuk mengalahkan pemasaran yang dilakukan pesaing.

3.      Pemasaran Ceruk
Ceruk adalah kelompok pelanggan yang lebih sempit yang mencari bauran manfaat yang berbeda. Pemasar biasanya mengidentifikasi ceruk dengan membagi satu segmen menjadi subsegmen.

4.      Pemasaran Lokal
Kegiatan pemasaran berkonsentrasi untuk berada sedekat mungkin dan secara pribadi serelevan mungkin dengan pelanggan individu

5.      Pemasaran Individual
Dalam segmen ini sebenarnya sedikt mengarah ke segmen pemasaran massal. Pelanggan mulai mengambil inisiatif yang lebih individual dalam menentukan apa yang dibeli dan bagaimana caranya. Misal mereka masuk ke dalam internet untuk mencari informasi dan evaluasi penawaran produk atau jasa mengadakan dialog dengan pemasok, pengguna, dan kritikus produk dan dalam banyak kasus, merancang produk yang mereka inginkan.

Dasar Segmentasi Pasar Konsumen

Beberapa peneliti berusaha mendefinisikan segmen dengan melihat karakteristik deskriptif: geofrafis, demografis, dan psikografis, dan beberapa peneliti berusaha mendefinisikan segmen dengan dengan melihat perimbangan perilaku, seperti respon konsumen terhadap manfaat, alas an penggunaan, atau merk. Lalu peneliti melihat apakah ada karakteristik yang berbeda untuk setiap segmen respons-konsumen.Misalnya, apakah orang yang lebih menginginkan “kualitas” dibandingkan “harga murah” dalam pembelianmobil mempunyai latar belakang geografis, demografis, dan psikografis yang berbeda?

1.         Segmentasi Geografis
Yang dimaksud dengan segmentasi geografis kita memerlukan pembagian pasar menjadi berbagai unit geografis seperti Negara, Negara bagian, wilayah, kabupaten, kota, ataulingkungan sekitar. Dan variable yang harus diperhatikan dalam segmen ini adalah  Wilayah geografis, ukuran kota, kepadatan, iklim, usia demografis, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, kebangsaan, kelas social, gayahidup psikografis, kepribadian, perilaku terhadap kejadian, manfaat, status pengguna, tingkat penggunaan, status loyalitas, tahap kesiapan, dan sikap terhadap produk.

2.         Segmentasi Demografis
Dalam segmentasi demografis, kita membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variable seperti usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kebangsaan, dan kelas social. Salah satu alas an variable demografis begitu popular bagi pemasar adalah bahwa variable ini sering terkait erat dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Alasan lainnya adalah variable-variabel itu mudah diukur.

Berikut bagaimana variable demografis tertentu digunakan untuk mensegmentasi pasar.
Usia dan Tahap Siklus Hidup Keinginan dan kemampuan konsumen berubah sesuai dengan usia mereka.
Tahap Kehidupan Orang yang berbeda di bagian siklus hidup yang sama mungkin mempunyai tahap kehidupan yang berbeda
Jenis Kelamin Pria dan wanita mempunyai sikap dan prilaku yang berbeda, sebagian berdasarkan susunan genetic dan sebagian karena sosialisasi.
Pendapatan Segmentasi pendapatan merupakan praktik lama dalam kategori seperti otomotif, kosmetik, pakaian, layanan keuangan, dan perjalanan. Meskipun demikian pendapatan tidak selalu memprediksikan pelanggan terbaik untuk untuk produk tertentu.
Generasi Setiap generasi sangat dipengaruhi oleh saat-saat pertumbuhan mereka---musik, film, politik, dan mendefinisikan kejadian pada periode tersebut.
Kelas Sosial Kelas social berpengaruh kuat terhadappreferensi mobil, pakaian, perlengkapan rumah, kegiatan bersenang-senang, kebiasaan membaca, dan pengecer serta banyak perusahaan merancang produk dan jasa untuk kelas sosiala tertentu.

3.      Segmentasi Perilaku
Dalam segmentasi perilaku, pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau respons terhadap sebuah produk.
Status Loyalitas Pemasar biasanya membayangkan empat kelompok berdasarkan status loyalitas merk antara lain:
a)   Loyalis Berat adalah konsumun yang hanya membeli satu merk sepanjang waktu
b)  Loyalis yang Terbagi adalah konsumen yang loyal terhadap dua atau tiga merek
c)  Loyalis yang Bergeser adalah Konsumen yang beralih loyalitas dari satu merek ke merek lain
d)  Orang yang suka berpindah adalah Konsumen yang tidak memperlihatkan kepada merek apapun.

Perusahaan dapat belajar banyak dengan menganalsis tingkat loyalitas merek; Loyalis berat dapat membantu mengidentifikasi kekuatan produk; loyalis yang terbagi dapat memperlihatkan kepada perusahaan merek mana yang paling kompetitif dengan mereknya;dan dengan melihat pelanggan yang beralih dari mereknya, perusahaan dapat belajar tentang kelemahan pemasarannya dan berusaha memperbaikinya. Satu peringatan: Apa yang tampak seperti pola-pola pembelian yang loyal terhadap suatu merek dapat saja mencerminkan kebiasaan, keapatisan, harga murah, biaya peralihan yang tinggi atau ketiadaan merek lain.

Nama Anggota:
1. Mustapa (10.12.062)
2. Mustamin (10.12.061)
3. Nur Hikmah (10.12.063)
4. Muh. Syukur (10.12.058)
5. Mulyani (10.12.060)


No comments: