CATATAN
INTERNAL DAN INTELEJEN PEMASARAN (Dwi Oktaviani)
Manajer
Pemasaran Mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya,
tingkat persediaan, piutang, utang, dan seterusnya. Dengan menganalisis
informasi, mereka dapat menemukan berbagai peluang dan masalah penting.
Adapun
catatan internal perusahaan meliputi sebagai berikut:
I.
Siklus
Pesanan-sampai-Pembayaran
Inti system pencatatan internal
adalah siklus pesanan-sampai-pembayaran. Perwakilan penjualan, penyalur, dan
pelanggan mengirimkan pesanan ke perusahaan. Departemen penjualan menyiapkan
tagihan, mengirimkan, salinannya ke berbagai departemen, dan memesan ulang
barang- barang yang habis. Barang- barang yang dikirimkan ini menghasilkan
dokumen pengiriman dan penagihan yang dikirimkan keberbagai departemen.
Perusahaan masa kini harus melakukan
langkah-langkah ini dengan cepat dan akurat, karena pelanggan menyukai
perusahaan yang dapat menjanjikan pengiriman tepat waktu. Dewasa ini banyak
perusahaan telah menggunakan internet dan ekstranet untuk meningkatkan
kecepatan, akurasi, dan efisiensi siklus pesanan-sampai-pembayaran.
II.
Sistem Informasi
Penjualan
Manajer
Pemasaran memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan yang
terkini. Dalam merancang sebuah sistem informasi penjualan yang canggih,
perusahaan harus menghindari hambatan-hambatan tertentu.
· Adalah
mungkin untuk menciptakan sistem yang menghasilkan terlalu banyak informasi.
· Adalah
mungkin untuk menciptakan sistem yang menghasilkan informasi yang terlalu
cepat.
III.
Database, Gudang
Data, dan Pengalihan Data
Saat ini
Perusahaan mengelola informasi mereka dalam database-database pelanggan,
database produk, database-wiraniaga-dan kemudian menggabungkan data dari
berbagai database. Contoh: database pelanggan berisi semua nama pelanggan,
alamat, transaksi masa lalu dan terkadang bahkan data demografis dan
psikografis (kegiatan, minat, dan pendapat). Adapun Manajer dapat mentabulasi
silang informasi pelanggan dengan informasi produk dan wiraniaga untuk
mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pelanggannya.
IV.
Sistem Intelejen
Pemasaran
Sistem Catatan
Internal memberikan data hasil, tetapi sistem intelejen pemasaran memberikan
data saat ini (happenings). Sistem Intelejen pemasaran (marketing
intelligence system) adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan
manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam
lingkungan pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelijen pemasaran dengan
membaca buku, surat kabar, dan publikasi dagang; berbicara dengan pelanggan,
pemasok, dan distributor; mengamati “media social” di internet melalui kelompok
diskusi online, daftar e-mail dan blog; dan melakukan pertemuan dengan manajer
perusahaan lain.
Para
Manajer mengamati lingkungan tersebut dengan empat cara:
· Pengamatan
tidak Terarah: Pengungkapan informasi secara umum dimana manajer tidak
mempunyai maksud khusus dalam pikiran sebelumnya.
· Pengamatan
Bersyarat: Pengungkapan yang diarahkan terhadap sesuatu area atau jenis
informasi yang lebih atau kurang didentifikasi secara jelas, tetapi tidak
melibatkan penyelidikan aktif.
· Penyelidikan
informal: suatu usaha yang relative terbatas dan tidak berstruktur untuk
memperoleh informasi tertentu atau informasi untuk maksud tertentu.
· Penyelidikan
Formal: Suatu Usaha yang disengaja biasanya mengikuti suatu rencana, prosedur,
atau metodologi yang sudah ditetapkan sebelumnya untuk meperoleh Informasi.
Dan Sebuah
perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas
intelejen pemasarannya, antara lain:
· Melatih
dan Memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan
baru.
· Memotivasi
distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelejen yang
penting.
· Membentuk
jaringan eksternal.
· Membentuk
panel penasihat pelanggan. Anggota dapat meliputi perwakilan pelanggan atau
pelanggan terbesar perusahaan atau sebagian besar pelanggan yang jujur dan
canggih.
· Memanfaatkan
sumber daya data pemerintah
· Membeli
informasi dari pemasok luar
· Menggunakan
sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelejen yang
kompetitif.
Adapun fungsi
Intelejen Kompetitif Paling Berhasil ketika Operasi intelejen bekerja sama
secara erat dengan para pengguna kunci dalam proses pengambilan keputusan.
(Sumber:
Buku Philip Kotler & Kevin Lane Keller “Manajemen Pemasaran” Edisi 13, Jilid 1 dan Bahan Ajar Manajemen
Pemasaran oleh Rina Astini SE. MM
“Sistem Informasi Pemasaran & Penelitian Pemasaran).
MENGANALISIS
LINGKUNGAN MAKRO (Edi Sabara)
Perusahaan yang
berhasil adalah perusahaan yang mampu mengenali dan merespons berbagai
kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi secara menguntungkan.
Kebutuhan dan
tren
Pengusaha
individu dan perusahaan selalu berusaha menciptakan solusi baru terhadap
kebutuhan yang belum terpenuhi. Fedlex diciptakan untuk memenuhi kebutuhan
pengiriman surat satu hari sampai. Dockers diciptakan untuk memenuhi kebutuhan
baby boomers yang tidak lagi dapat benar-benar mengenakan atau tidak cukup lagi
mengenakan jins mereka dan menginginkan celana yang nyaman secara fisik maupun
psikologis.
Kita membedakan
antara fad, tren, dan magetren. Fad adalah “sesuatu yang tidak dapat
diperkirakan, berumur pendek, dan tanpa signifikan social,ekonomi dan
politik.”Perusahaan dapat memperoleh uang terhadap fad seperti boneka beanie
babies, furbies, dan Tickle Me Elmo, tetapi melakukannya dengan benar terkadang
lebih merupakan masalah keberuntungan dan penentuan waktu yang baik dibanding
hal lainnya.
Tren adalah arah
atau urutan kejadian yang momentum dan durabilitas. Tren lebih mudah diperkirakan
dan lebih langsung lama dari pada fad. Tren mengungkapkan bentuk masa depan dan
memberikan banyak peluang. Sebagai contoh, persentase orang yang menghargai
kebugaran fisik dan kesejahtraan dewasa ini semakin meningkat, terutama dalam
kelompok usia di bawah 30 tahun, wanita muda, konsumen kaya, dan orang yang
hidup di Barat.
Megatren
digambarkan sebagai “perubahan besar dalam social, ekonomi, politik, dan
teknologi, yang lambat terbentuk, dan setelah terjadi, perubahaan itu
mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara tujuh dan sepuluh tahun, atau
bahkan lebih lama.
Peluang besar
yang baru tidak menjamin kesuksesan, bahkan jika produk itu sebetuknya layak
secara teknis.
Untuk membantu
pemasar menemukan perubahan budaya yang dapat membawa peluang atau ancaman
baru, beberapa perusahaan menawarkan penawaran peramalan social-budaya.
MENGIDENTIFIKASI
KEKUATAN UTAMA
Perusahan dan
pemasoknya, perantara pemasaran, pelanggan, pesaing, dan public, semuanya
beropersi dalam kekuatan dan tren lingkungan makro, yang semakin global, dan
membentuk peluang dan menghadirkan ancaman. Kekuatan ini merepresentasikan
“hal-hal yang tidak dapat dikendalikan,”yang harus diamati dan harus direspons
oleh perusahaan.
Awal abad baru
membawa sederet tantangan baru: penurunan tajam pasar saham, yang mempengaruhi
tabungan, investasi, dan dana pensiun; meningkatnya tingkat pengangguran;
skandal korporat; dan tentu saja, kebangkitan terorisme. Kejadian-kejadian
dramatis ini disertai dengan berlanjutnya tren lama yang sudah sangat mempengaruhi
lanskap global. Pada tahun 2005, ada semakin banyaktransistor yang
diproduksi (dan biaya yang lebih rendah)
dibandingkan butiran beras; pemirsa pembaca blog AS sudah mencapai 20% ukuran
populasi pembaca surat kabar; dan konsumsi minyak dunia yang rakus diperkirakan
akan meningkat 50% pada tahun 2030.
·
Tren ekonomi makro
Pusat kegiatan
ekonomi akan sangat berubah, tidak hanya secara global, tetapi juga secara
regional.
Saat ini, asia
(kecuali jepang) menduduki 13% GDP dunia, dan Eropa Barat menduduki lebih dari
30% GDP dunia. Dalam waktu 20 tahun ke depan, keduanya akan sama. Beberapa
industri dan fungsi manufaktur dan layanan IT, misalnya akan berunah jauh lebih
dramatis.
Kegiatan sector
public akan membesar, membuat perolehan produktivitas, semakin penting
Menuanya populasi di seluruh Negara maju akan
memerlukan tingkat efesiensi dan kreativitas baru dari sector publk. Banyak
pemerintah pasar yang baru muncul juga harus memutuskan apa tingakat layana
social yang akan diberi warga Negara yang semakin menuntut perlindingan Negara
seperti jaminan perawatan kesehatan dan pensiun. Pendekatan sector swasta
tampaknya akan menjadi lebih luas dalam penyediaan layanan social.
Lanskap konsumen
yang akan berubah dan berekspansi secara signifikan.
Hampir satu milliard
konsumen baru akan memasukipasar global pada decade berikutnya ketika
pertumbuhan ekonomi di pasar yang baru mendorong mereka melampaui batas atas
pendapatan rumah tangga tahunan sebesar $5.000 satu titik dimana orang biasanya
memulai berbelanja barang secara bebas. Perubahan didalam secara segmen
konsumen di ekonomi maju juga akan sangat besar. Sebagai contoh, pada tahun
2015 populasi hispanik di Amerika Serikat akan mempunyai daya yang sama dengan
60% seluruh konsumen Cina.
·
Tren social dan
lingkungan
1. Konektivitas
teknologi akan mengubah cara hidu dan interaksi masyarakat. Hal yang lebih
transformasional dari pada teknologi itu sendiri adalah perubahan perilaku yang
ditimbulkannya. Komunitas dan hubungan dibentuk dengan cara baru (12% pengantin
baru AS pada tahun 2005 bertemu secara on line) lebih dari dua milliard orang
kini menggunakan telepon seluler dan Sembilan triliun setiap tahun. Satu
milliard pencarian goegle terjadi setiap hari, lebih dari setengahnya dilakukan
dalam bahasa lain di luar bahasa Inggris
2. Pertarungan
untuk bakat akan berpindah. Garakan ke industry-intensif-pengetahuan menekankan
arti penting dan kelangkaan bakat yang terlatih dengan baik. 33 juta
profesioanal muda yang dididik di Universitas di Negara-negara berkembang
berjumlah lebih dari dua kali lipat dibandingkan yang da di Negara maju. Bagi
banyak perusahaan dan pemerintah, strategi tenaga kerja dan bakat global akan
menjadi sama pentingnya dengan strategi sumber daya dan manufaktur global.
3. Peran
perilaku bisnis besar akan datang dengan inspeksi yang semakin tajam. Prinsip
ideology bisnis global saat ini misalnya, nilai pemegang saham, perdagangan
bebas, hak property intelektual, dan repartriasi laba tidak dipahami, tidak
diterima, dibanyak bagian dunia. Pemimpin bisnis harus berdebat dan
mendemograsiakan masalah intelektual, social, dan ekonomi secara kuat bagi
bisnis dalam masyarakat dan kontribusi bisnis yang besar bagi kesejahtraan
social.
LINGKUNGAN
UTAMA MAKRO LAINNYA (Erlin Sarungallo)
Kekuatan
lingkungan makro utama lainnya sangat mempengaruhi peruntungan pemasar. Di sini
kita meninjau perkekmbangan dalam lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam,
teknologi, dan politik-hukum.
1.
Lingkungan Ekonomi
Daya beli yang tersedia dalam ekonomi
tergantung pada penghasilan, harga,
Tabungan, Utang, dan ketersediaan kredit saat ini. Pemasar harus memperhatikan
tren yang mempengaruhi daya beli, karena tren tersebut bisa memberikan pengaru
kuat bagi bisnis, terutama untuk
perusahaan yang produknya di tujuhkan kepada konsumen berpenghasilan tinggi dan
sensitif terhadap harga.
a.
Distribusi
Pendapatan
Ada empat jenis struktur Negara industri
diantaranya : perekonomian subsisten seperti Papua Nigini, yang hanya mempunyai
sedikit peluang bagi pemasar; Perekonomian Pengekspor Bahan Mentah Seperti
Republik Demokrasi Kongo (Tembaga) dan Arab Saudi (Minyak), dengan pasar yang
baik untuk perlengkapan, peralatan, Pasokan, dan barang mewah untuk orang kaya;
Perekonomian Industri Baru seperti India, Mesir, dan Filipina, dimana kelas
kaya dan menengah baru sedang bertumbuh meminta jenis barang yang baru; dan
Perekonomian Industri seperti Negara-negara di eropa Barat, yang merupakan
pasar yang kaya untuk semua jenis barang.
Pemasar sering
membedakan Negara dengan menggunakan lima pola distribusi pendapatan yang
berbeda :
a)
Pendapatan
sangat rendah
b)
Hampir
semuanya berpendapatan rendah
c)
Pendapatan
sangat rendah, sangat tinggi
d)
Pendapatan
rendah, menengah, dan tinggi
e)
Hampir
semuanya berpendapatan menengah
b.
Tabungan,
Utang dan Kredit
Pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh
ketersediaan tabungan, utang dan kredit. Sebagai contoh di AS mempunyai rasio
utang terhadap penghasilan yang tinggi, yang kemudian memperlambat pengeluaran
untuk barang rumah tangga dan barang berharga tinggi. Kredit mudah tersedia di
AS tetapi suku bunganya cukup tinggi, khususnya bagi peminjam berpenghasilan
rendah. Masalah ekonomi yang semakin
penting bagi sebagian besar konsumen amerika yang mengangur adalah pemindahan
pekerjaaan manufaktur dan jasa keluar negeri.
2.
Lingkungan Sosial Budaya
Masyarakat membentuk kepercayaan nilai,
dan norma yang menggambarkan sebagian besar selerah dan preferensi konsumen.
Masyarakat menyerap, secara hampir tidak sadar , pandangan dunia yang
mendefenisikan hubungan mereka bagi diri mereka sendiri, orang lain, organisasi,
masyarakat, alam, dan alam semesta.
a.
Keteguhan
Nilai Budaya Inti Yang Tinggi
Sebagian besar orang di AS masih
menjunjung tinggi pekerjaan, pernikahan, beramal, dan bersikap jujur. Kayakinan
dan nilai inti diajarkan dari orang tua ke anak-anaknya dan diperkuat oleh
institusi sosial utama – sekolah, bisnis, dan pemerintah. Keyakinan dan nilai sekunder lebih terbuka terhadap
perubahan. Pemasar mempunyai peluang untuk mengubah nilai sekunder, tetapi
hanya mempunyai sedikit kesempatan untuk mengubah nilai inti.
b.
Keberadaan
Sub Budaya
Setiap masyarakat mengandung Subbudaya,
kelompok yang berbagi nilai, kepercayaan, preferensi, dan perilaku yang timbul
dari pengalaman atau keadaan khusus dalam hidup mereka. Terkadang perusahaan
mendapatkan imbalan tak terduga dalam membidik subbudaya. Pemasar selalu
menyukai para remaja karena mereka merupakan penentu tren masyarakat dalam hal mode, music, hiburan, ide, dan
sikap.
3.
Lingkungan Alam
Kerusakan lingkungan alam menrupakan
masalah global yang utama. Ada kekhawatiran besar tentang “Gas Rumah Kaca” di
atmosfer akibat pembakaran bahan bakar fosil; tentang penipisan lapisan ozon
akibat zat kimia tertentu dan pemanasan
global; dan tentang semakin langkahnya air. Di Eropa Barat, lembaga Sosial
Hijau terus melancarkan tuntutan publik untuk mengurangi polusi industri.
Environmentalisme korporat adalah
pengakuan akan pentingnya masalah lingkungan yang dihadapi perusahaan dan
pegintegrasian masalah-masalah itu ke dalam rencana strategis perusahaan.
Pemasar yang mempraktekkan paham lingkungan korporat ini harus menyadari
berbagai ancaman dan peluang yang berhubungan dengan empat tren utama di
lingkungan alam; kelangkaan bahan mentah, teruatama air; peningkatan biaya energi; peningkatan tingkat polusi; dan
perubahan peran pemerintah.
4.
Lingkungan Teknologi
Salah satu kekuatan paling dramatis yang
membentukk kehidupan manusia adalah teknologi. Selama bertahun-tahun,
teknologi telah menghasilkan keajaiban, seperti penisilin, bedah jantung
terbuka, serta cerita mengerikan seperti bom
hydrogen, gas syaraf, dan senapan sub mesin. Teknologi juga menghasilkan
produk seperti telepon seluler dan permainan video yang memiliki dampak baik
dan buruk sekaligus.
Semua teknologi baru adalah kekuatan “penghancur kreatif” transistor melukai industri tabung vakum, xerografi melukai
bisnis kertas karbon, otomotif melukai kereta api, dan televisi melukai surat
kabar. Sejumlah teknologi utama dan baru yang hadir mempengaruhi tingkat
pertumbuhan ekonomi.teknologi baru juga menciptakan konsekuensi jangka panjang
yang besar dan tidak selalu dapat diperkirakan.
Pemasar harus mengamati empat tren
teknologi berikut:
a.
Kecepatan
perubahan yang semakin tingi
Banyak produk yang umum kita jumpai saat
ini tidak tersedia 40 tahun yang lalu.periset elektronik membangun chip yang
lebih kecil untuk membuat mobil, rumah, dan kantor kita saling terhubung dan
lebih responsive terhadap perubahan kondisi. Semakin banyak ide yang dikerjakan, dan selang waktu antara
kemunculan ide baru dan keberhasilan implementasi akan semakin menipis.
b.
Peluang
inovasi yang tak terbatas
Beberapa pekerjaan paling menarik saat
ini terdapat di bidang bioteknologi, komputer, mikroelektronik, telekomunikasi,
robototik dan bahan perancang. Proyek Human Genome berjanji untuk mendampingi
Biological Century ketika pekerja bioteknologi menciptakan pengobatan medis
baru, makanan baru, dan bahan baru. Periset berusaha menemukan vaksin AIDS,
alat kontrasepsi yang aman seluruhnya, dan makanan yang tidak membuat tubuh
menjadi gemuk. Mereka merancang robot untuk memadamkan kebakaran, eksplorasi
bawah air, dan pekerjaan rumah tangga.
c.
Anggaran
R&D yang bervariasi
Porsi pengeluaran R&D AS yang
semakin besar dialokasikan untuk pengembangan R&D ketimbang untuk riset.
Banyak perusahaan cukup puas untuk menginvestasikan uang mereka untuk meniru
produk pesaing dan membuat berbagai perbaikan
kecil dalam hal fitur dan gaya.
d.
Semakin
banyaknya peraturan mengenai perubahan teknologi
Pemerintah telah memperluas kekuasaan
badan-badannya untuk menyelidiki dan melarang produk yang berpotensi tidak
aman. Di AS, Federal Food and Drug Administration harus menyetujui agar semua
obat tersebut dapat dijual. Peraturan keselamatan dan kesehatan juga meningkat
dalam bidang makanan, mobil, pakaian,
peralatan listrik, dan konstruksi.
5.
Lingkungan Politik – Hukum
Lingkungan politik dan hukum terdiri
dari badan hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi dan
membatasi berbagai organisasi dan perorangan. Kadang-kadang hukum ini juga
menciptakan peluang baru bagi bisnis. Sebagai contoh, hukum yang mewajibkan
daur ulang memberikan dorongan yang sangat besar bagi industri daur ulang dan
mendorong penciptaan lusinan perusahaan baru yang membuat produk baru dari
bahan daur ulang. Dua tren utama dalam lingkungan politik – hukum adalah
meningkatnya peraturan bisnis dan bertumbuhnya kelompok dengan kepentingan
tertentu.
a.
Peningkatan
Peraturan Bisnis
Peraturan bisnis mempunyai empat tujuan
utama yaitu: Melindungi perusahaan dari persaingan yang tidak sehat,
melindungi konsumen dari praktik bisnis yang tidak jujur, melindungi
kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis yang tidak terkendali, dan
mengenakan biaya sosial yang tercipta akibat proses produk atau produksi pada
bisnis.
b.
Pertumbuhan
Kelompok Kepentingan Khusus
Komite tindakan politis melobi pejabat
pemerintah dan menekan eksekutif bisnis
untuk memberi perhatian lebih kepada hak
konsumen, hak wanita, hak warga senior, dan hak minoritas. Banyak perusahaan
telah membentuk departemen permasalahan publik untuk menghadapi kelompok dan
masalah-masalah ini. Kekuatan penting yang mempengaruhi bisnis adalah gerakan
konsumeris, yaitu suatu gerakan warga Negara dan pemerintah yang terorganisasi
untuk memperkuat hak dan kekuatan pembeli dalam hubungannya dengan penjual. konsumeris telah mengadvokasi dan
memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sebenarnya dari suatu pinjaman,
biaya per unit standar merek yang bersaing yang sebenarnya (penetuan harga
unit), bahan dasar dalam sebuah produk, kualitas nutrisi makanan, kesegaran
produk, dan manfaat produk yang sebenarnya.
Dengan semakin
banyaknya konsumen yang bersedia bertukar informasi pribadi untuk produk yang
sesuai–pribadi (customized) dari perusahaan–selama perusahaan–perusahaan itu
dapat dipercaya–masalah privasi akan
terus menjadi tombol panas kebijakan publik.
LINGKUNGAN DEMOGRAFIS (Faradiba)
Hanya ada
sedikit alasan untuk terkejut dengan perkembangan demografis. The singer
company telah mengetahui sejak bertahun-tahun bahwa bisnis mesin jahitan nya
akan dirugikan oleh mengecilnya ukuran keluarga dan semakin banyaknya istri
bekerja, tetapi perusahaan itu lamban merespons.
Kekuatan
demografis utama yang diamati pemasar adalah populasi,karena masyarakat adalah
pembentuk pasar .pemasar sangat tertarik pada ukuran dan tingkat pertumbuhan
populasi di suatu kota, wilayah, dan Negara; distribusi usia dan bauran etnis;
tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan regional.
Ø Pertumbuhan Populasi Dunia
Populasi dunia
memperlihatkan pertumbuhan eksplosif; total populasi dunia mencapai 6,1 miliar
pada tahun 2000 dan akan melebihi 7,9 miliar pada tahun 2025. Berikut ini
disajikan suatu gambaran yang menarik:
Jika dunia
adalah suatu desa yang berpenduduk 1000 orang, maka desa itu akan terdiri dari
520 wanita dan 480 pria, 330 anak-anak, 60 orang berusia 65 tahun ke atas, 10
lulusan perguruan tinggi, dan 335 orang dewasa takterdidik. Desa tersebut akan
berisi 52 orang amerika utara, 55 orang rusia, 84 orang amerika latin, 95 orang
eropa timur dan barat, 124 orang Afrika, dan 584 oarang Asia. Komunikasi akan
sulit karena 165 orang berbahasa Mandarin, 86 berbahasa Inggris, 83 orang berbahasa Hindi/Urdu, 64 berbahasa Spayol, 58
berbahasa Rusia, dan 37 berbahasa Arab serta sisanya akan berbicara dalam satu
dari 200 lebih bahasa lainnya.Akan ada 329 orang Kristen, 178 orang Muslim, 132
orang Hindu, 62 orang Budha, 3 orang Yahudi, 167 orang takberagama, 45 orang
atheis, dan 84 lain. Ledakan populasi menjafi sumber kekhawatiran utama disusul
oleh pertumbuhan populasi tertinggi dinegara-negara dan komunitas kurang mampu.
Daerah-daerah yang kurang berkembang di Dunia kini menduduki sekitar 76 persen
populasi dunia dan tumbuh pada tingkat ¹ persen per tahun, sementara populasi
di Negara-Negara yang lebih maju tumbuh hanya 0,6 persen per tahun. Di Negara
berkembang, tingkat kematian turun akibat pengobatan modern,tetapi tingkat
kelahiran tetap stabil. Memberi makanan, pakaian, dan pndidikan kepada
anak-anak, meskipun standar hidup juga meningkat, adalah sesuatu yang hampir
mustahil di Negara-Negara ini. Pertumbuhan populasi yang ekplosif member
implikasi besar pada bisnis. Populasi yang sedang tumbuh tidak serta merta
menggambarkan bertumbuhnya pasar, kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang
cukup besar. Bagaimanapun, perusahaan yang menganalisis pasar meraka secara
seksama dapat menemukan peluang besar
Ø Bauran Usia Populasi
Populasi
nasional mempunyai bauran usia yang beragam. Salah satu tempat bauran usia yang
ekstrim terdapat di Meksiko, sebuah Negara dengan populasi yang sangat mudah
dan pertumbuhan populasi yang sangat cepat. Pada tingkat ekstrim lainnya
terdapat Jepang, salah satu Negara dengan populasi ran tertua di Dunia. Susu,
popok, peralatan sekolah dan mainan akan menjadi produk penting di Meksiko di
bandingkan di Jepang secara umum, di Dunia ini ada tren memilih populasi yang
menua. Pada tahun 2005, populasi penduduk 60 tahun lebih sudah melebihi
proporsi populasi penduduk di Rusia di
bawa lima tahun, dan tampaknya jumlah balita akan kebih sedikit dibandingkan orang
lanjut usia. Pemasar biasanya membagi populasi menjadi kelompok usia: anak-anak
prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja, pemuda usi 20 sampai 40 tahun,
dewasa paru baya usia 40 sampai 65 tahun, dan dewasa lanjut usia 65 tahun
keatas. Beberapa pemasar ingin memfokuskan diri pada kohort (kelompok). Kohort
(kelompok) adalah kelompok individu yang lain sepanjang priode yang sama dan
menjalani hidup pada masa-masa yang sama “Momen-momen penting” yang mereka
alami ketika mereka dewasa tetap ada dalam diri mereka seumur hidup dan
mempengaruhi nilai, preperensi, dan perilaku pembelian mereka.”Gagasan
pemasaran: teman seumur hidup” merangkum salah satu pembagian kohort di pasar
AS.
Ø Pasar Etnis dan Pasar Lainnya
Banyak Negara
terdiri dari beragam etnis dan ras. Pada salah satu tingkat ekstrim terdapat
Negara Jepang, dimana hampir semua warganya adalah orang Jepang; di pihak lain
ada amerikat serikat, yang warganya datang dari barbagai Negara.
Perusahan
bergerak cepat untuk memperbaiki produk mereka dan pemasaran mereka untuk
menjangkau kelompok konsumen yang paling berpengaruh dan tumbuh paling cepat
ini: raksasa media Hispanik Univision mengadakan riset yang hasilnya 70%
pemirsa berbaha Spanyol lebih suka membeli produk ketika produk itu di iklankan
dalam bahasa Spanyo. Membidik kalangan hispanik juga mempengaruhi pesan actual
yang dikomunikasikan. Fiser-Price, yang menyadari bahwa banyak ibu hispanik
yang tidak tumbuh dewasa dengan merek mereka, mengubah kampanye iklan
fiser-price dari daya tarik tradisinya. Sebagai gantinya, iklan fiser-price
yang membidik pasar hispanik menekankan kebahagian ibu dan anak-anak yang
bermain bersama dengan mainan tersebut.
Ø Kelompok Terdidik
Populasi di
semua masyarakat dibagi menjadi 5 kelompok pendidikan: kelompok tidak terdidik,
tidak lulus SMU, lulus SMA, lulusan perguruan tinggi, dan tingkat professional.
Lebih dari dua pertiga dari 785 juta orang dewasa tidak terdidik didunia hanya
ditemukan di delapan Negara (India, China, Bangladesh, Pakistan, Nigeria,
Etopia, Indonesia, dan Mesir); dari semua orang dewasa tidak terdidik di dunia,
dua pertiganya adalah wanita. Amerika seriakat merupakan salah satu Negara di
dunia yang mempunyai warga Negara lulus perguruan tinggi dengan persentase
tertinggi, sekitar 36%. Jumlah masyarakat terdidik yang besar di Amerika
serikat menyebabkan tingginya permintaan akan buku berkualitas, majalah
bermutu, dan peket perjalanan, yang bagus, serta pasokan keahlian yang tinggi.
Ø Perubahan Geografis Dalam Populasi
Ini adalah
periode perpindahan migrasi besar-besaran antar dan di dalam Negara. Meskipun
AS mengalami pergerakan kembali keluar kota pada tahun 1990 an ketika daerah
non metropolis menarik banyak pengungsi kota, abad ke 21 kembali menjadi saksi
bertambah pesatnya pasar urban pesat, akibat tingkat kelahiran yang lebih
tinggi, tingkat kematian yang lebih rendah, dan pertumbuhan pesat dari migrasi
luar Negeri.
Pemasaran juga
mengamati tempat berkumpulya konsumen. Hampir satu dari dua orang yang berusia
lebih dari 5 tahun (120 juta) perpindahan tempat tinggal setidaknya satu kali
antara 1995 dan 2000, menurut ringkasan cencus 2000. Analisis antar Negara
bagian jelas memperlihatkan bahwa perpindahan itu menuju Negara bagian Sunbelt,
jauh dari Midwest dan Northeast. Dari Virginia ke Florida dan Negara bagian
Sunbelt barat seperti Texas, Nevada, atau Arisona, Negara-negara bagian “panas”
ini menarik lebih banyak pengelana.
Perpindahan ke
negqra bagian Sunbelt ini telah mengurangi permintaan pakaian hangat dan
peralatan pemanas rumah dan sebaliknya meningkatkan permintaan pendinginan
udara. Mereka yang tinggal di kota besar seperti New York, Chicago, dan San
Fransisco mengkomsumsi sebagian besar penjualan pakaian bulu, farfum, koper,
dan karya seni mahal. Kota-kota juga ini mendukung opera, balet, dan bentuk
budaya lain.
Orang yang
tinggal di pinggiran kota lebih mengalami kehidupan santai, lebih banyak
melakukan kegiatan di ruang terbuka, dan mempunyai interaksi bertetangga yang
lebih besar, penghasilan yang lebih tinggi, dan keluarga yang lebih muda. Masyarakat
pinggiran kota membeli van, peralatan perbaikan rumah, perabot luar ruangan,
peralatan memotong rumput dan berkebun, serta peralatan memasak di luar
ruangan. Ada juga perbedaan regional: orang di Seattle lebih banyak membeli
sikat gigi perkapita di bandingkan orang lain di kota-kota AS; Orang di
Saltlake City memakan lebih banyakpermen; Orang dari New Orleans menggunakan
lebih banyak saos tomat; dan orang Miami minum lebih banyak jus prem. Dan
hampir 40 juta pekerja AS bekerja dari rumah mereka dengan bantuan peralatan
elektronik seperti computer, telepon seluler, mesin fax, dan organizer.
Posted By Kelompok II – Akuntansi A3
- Aswar 10.12.045 (Sistem Informasi Pemasaran Modern)
- Dwi Oktaviani 10.12.046 (Catatan Internal Intelejen Pemasaran)
- Edi Sabara 10.12.047 (Menganalisis Lingkungan Makro)
- Erlin Sarunggallo 10.12.048 (Lingkungan Makro Utama Lainnya)
- Faradiba 10.12.049 (Lingkungan Demografis)
No comments:
Post a Comment