Arti penting saluran
Sistem saluran adalah pola
penentuan arah suatu pemasaran tertentu yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Keputusan
tentang sistem ini merupakan salah satu keputusan terpenting yang dihadapi manajemen
karena saluran pemasaran berfungsi untuk mengubah pembeli potensial menjadi pelanggan yang menguntungkan,sehingga
saluran pemasaran tidak hanya melayani
pasar,tetapi mereka juga harus
membentuk pasar.
Perkembangan
pasar
Perusahaan baru pada mulanya hanya beroperasi sebagai
perusahaan lokal dengan pangsa pasar dan perantara yang cenderung terbatas,namun
jika perusahaan dapat membuka cabang ke pasar yang baru dan menggunakan saluran
yang berbeda diberbagai pasar, maka kemungkinan besar perusahaan tersebut bisa
berkembang. Singkatnya sistem saluran berevolusi sesuai fungsi peluang dan
kondisi lokal,ancaman yang muncul,sumber daya dan kapabilitas perusahaan serta
faktor-faktor lain yang berpengaruh.
Saluran
Hibrida atau kunjungan kepasar
Pada saat ini, perusahaan yang ingin
berhasil harus melipatgandakan jumlah saluran hibrida atau kunjungan kepasar
dibanyak wilayah pasar. Saluran hibrida,baik itu pemasaran lewat
telepon,internet dan sebagainya begitupula perusahaan yang mengelola saluran
hibrida harus memastikan bahwa saluran-saluran ini bekerja sama dengan baik dan
menyesuaikan diri dengan cara pelaksanaan bisnis yang disukai setiap pelanggan sasaran.
Jaringan
nilai
Jaringan nilai adalah sebuah sistem
kemitraan dan aliansi atau kerjasama yang diciptakan perusahaan untuk
menyediakan,menambah, dan meningkatkan kualitas penawarannya.
Saluran
pemasaran
Ada 2 titik pokok dalam saluran
pemasaran, yaitu:
1. Saluran Pemasaran Konsumen
Saluran pemasaran berfungsi untuk
menggerakkan barang dari produsen. Dalam saluran pemasaran konsumen,ada beberapa
saluran pemasaran barang konsumen dengan panjang yang beragam,yang pertama saluran tingkat nol
atau disebut juga saluran pemasaran langsung(direct marketing channel)terdiri
dari produsen yang menjual langsung kepelanggan akhir contohnya penjualan dari
pintu ke pintu,arisan,pesanan surat,pemasaran lewat telepon,penjualan lewat
tv,penjualan lewat internet.selanjutnya saluran tingkat satu mengandung satu
perantara penjualan,seperti pengecer.kemudian saluran tingkat dua mengandung
dua perantara,dalam pasar konsumen ini biasanya pedagang grosir dan
pengecer.untuk saluran tingkat tiga terdiri dari tiga perantara,contohnya dalam
industri pengemasan daging,pedagang grosir menjual ke pedagang besar yang
menjual ke pengecer kecil.
2. Saluran Pemasaran Industri
Untuk tingkat nol produsen barang
industri dapat menggunakan tenaga penjualannya untuk menjual secara langsung
kepelanggan industri,tingkat satu produsen dapat menjual ke distributor industri,selanjutnya tingkat dua dan tiga yang menjual ke pelanggan industri
atau produsen dapat menjual melalui perwakilan produsen atau cabang
penjualannya sendiri secara tidak langsung kepelanggan industry melalui
distribusi industri.
Keputusan
rancangan saluran
Perancangan sistem saluran
pemasaran membutuhkan analisis kebutuhan konsumen,menentukan tujuan
saluran,serta mengidentifikasi alternative saluran utama. Untuk itu pemasar
harus memahami tingkat output jasa yang diinginkan pelanggan sasaran. Ada lima
output jasa yang dihasilkan saluran yaitu :
1. Ukuran lot/angket : jumlah unit
yang diizinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan
umum dalam satu peristiwa.
umum dalam satu peristiwa.
2. Waktu tunggu dan waktu pengiriman
: rata-rata waktu tunggu pelanggang
saluran untuk
menerima barang.
menerima barang.
3. Kenyamanan services l: tingkat
dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih
mudah membeli
mudah membeli
produk.
4. Keragaman produk : rentang
pilihan yang disediakan oleh saluran pemasaran.
5. Dukungan layanan : jasa tambahan
(kredit ,pengiriman,instalasi,perbaikan) yang
disediakan oleh saluran.
disediakan oleh saluran.
Menentukan
Tujuan dan Menganalisa hambatan
Tujuan saluran bervariasi
tergantung pada karateristik produk yang dijual ada yang bertujuan untuk
mengharap keuntungan(waralaba) adapula untuk social (nirlaba) atau hanya untuk
mencari nama (brand market). Suatu perusahaan juga harus bisa mengindetifikasi
masalah yang kemungkinan terjadi agar bisa mengantisipasi dan mengatasinya.
Mengidentifikasi
dan mengevaluasi alternative saluran utama
Setiap perusahaan harus
mengidentifikasi jenis-jsnis perantara yang tersedia untuk melakukan pekerjaan salurannya,karena
sekarang sebagian besar perusahaan menggunakan bauran saluran,alasanya adalah
setiap saluran menjangkau segmen pembeli yang berbeda dan menghangtarkan produk
yang tepat dengan biaya semurah mungkin.alternatif saluran digambarkan dalam tiga
elemen: jenis perantara bisnis yang tersedia,jumlah perantara yang dibutuhkan
,serta syarat dan tanggung jawab setiap anggota saluran.
Keputusan manajemen saluran
Setelah perusahaan memilih sistem
saluran,perusahaan harus memilih, melatih, memotivasi, dan mengevaluasi setiap
anggota/ individu yang menjadi anggota saluran. Jika saluran tidak bekerja
sesuai dengan yang diharapkan, maka produsen hendaknya memodifikasi ulang rancangan
dan pengaturan salurannya.
Konflik
dan persaingan
Penyebab konflik saluran bisa
timbul dari:
1. Ketidak selarasan
tujuan,contohnya,produsen mungkin ingin mendapatkan penetrasi
pasar yang cepat melalui kebijakan harga murah,sehingga mengacaukan harga pasaran
produk pesaing.
pasar yang cepat melalui kebijakan harga murah,sehingga mengacaukan harga pasaran
produk pesaing.
2. Peran dan hak yang tidak jelas. misalnya ketidakpastian
prosedur kerja.
3. Perbedaan persepsi,misalnya
produsen dapat merasa optimis tentang pandangan
ekonomi jangka pendek dan menginginkan penyalur menyimpan persediaan yang lebih
besar.
ekonomi jangka pendek dan menginginkan penyalur menyimpan persediaan yang lebih
besar.
4. Keuntungan perantara pada produsen,
seperti penyalur mobil sangat dipengaruhi oleh
produk dan keputusan penetapan harga produsen.
produk dan keputusan penetapan harga produsen.
5. Masalah hukum dan etika dalam
hubungan saluran, seperti pengaturan saluran yang
sesuai egois masing-masing untuk menghalangi pesaing menggunakan saluran.
sesuai egois masing-masing untuk menghalangi pesaing menggunakan saluran.
6. Dilusi dan kanibalisasi,
pencairan merek melalui saluran yang tidak tepat.
Mengelola
konflik saluran
Mengatasi
masalah bukan dengan menghilangkan konflik, tapi justru menganggap masalah atau
konflik itu adalah sebuah tantangan, yang harus dikelola dengan baik tanpa
menyimpang dari hak dasar manusia dan juga undang-undang yang berlaku.
Kesimpulan
:
1. Sistem saluran pemasaran ada tiga
yaitu sistem pemasaran vertical,horizontal dan
terintegrasi (multi saluran).
terintegrasi (multi saluran).
2. Konflik saluran pemasaran ada
tiga yaitu konflik saluran vertical,horizontal dan multi
saluran.
saluran.
3. Keputusan rancangan saluran,
menentukan keberhasilan suatu sistem pemasaran yang
tidak luput dari hambatan/konflik saluran.
tidak luput dari hambatan/konflik saluran.
Posted By Kelompok II – Akuntansi A3:
1. Meyrlianti
2. Suharlina
3. Sri Wahyuni
4. Sukriadi
5. Sri Lestari
6. Syamsinar
No comments:
Post a Comment